8.2.11

KATA PENGANTAR

Alhamdulillahi Rabbil ’alamin. Allahumma shalli ’ala Muhammad wa ’ala alihi Muhamad. Segala puji bagi Allah SWT, atas izin dan perkenan-Nya buku Pedoman Praktis Gerakan dan Bacaan Shalat ini pada akhirnya dapat diterbitkan. Shalawat dan salam semoga senantiasa tercurah kepada Nabi Muhammad SAW, kepada keluarganya, sahabatnya, dan seluruh pengikutnya hingga akhir zaman.

Sebagai muslim, tentu kita ingin tergolong kepada golongan orang yang disebutkan Allah SWT sebagai orang yang beriman, yaitu mereka yang yang khusyu’ dalam shalatnya (Qs. Al Mu’minun 23:2). Shalat yang khusyu’ tidak mungkin diperoleh kecuali dengan niat yang sungguh-sungguh, proses pengalaman yang terus menerus (daimun), pengetahuan yang memadai tentang hukum-hukum syariah shalat dan juga pemahaman tentang penegakan shalat (iqomatush shalat) sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari upaya penegakan Buniyal Islam (iqomatud diin).

Rasulullah SAW, sebagaimana ditemukan dalam hadits-hadits shahih, mencontohkan dan mengajarkan gerakan dan bacaan shalat kepada para sahabat. Buku ini berupaya untuk memberikan tuntunan ringkas tentang gerakan dan bacaan shalat Rasulullah SAW. Jika pembaca menemukan ada hadits-hadits shahih lain yang tidak tercantum dalam buku ini tentu saja hadits tersebut bisa menjadi pedoman. Karena para prinsipnya berkenaan dengan ibadah maka seluruh hadits shahih harus menjadi rujukan kaum muslimin.


Buku ini terdiri dari empat bab, mulai dari penjelasan tentang thaharah yaitu wudhu’, tayamum dan mandi wajib. Kemudian memuat penjelasan tentang shalat itu sendiri mulai dari takbir hingga salam. Buku ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan referensi minimal yang harus diketahui oleh seorang muslim dalam melaksanakan shalat secara fardhiyah. Dengan hanya mengambil ketentuan-ketentuan pokok yang berkaitan dengan beberapa cara thaharah dan shalat (fardhiyah), buku ini disebut Pedoman Praktis dengan harapan dapat secara langsung dipraktikkan oleh kaum muslimin.

Buku ini tentu saja belum mencapai kesempurnaan, oleh karena itu jika di dalam buku ini terdapat kekeliruan yang dilakukan oleh penulis, maka penulis mengharapkan masukan dan kritik dari pembaca sekalian. Semoga buku ini bermanfaat bukan saja bagi kaum muslimin dalam melaksanakan shalat sesuai sunnah Rasulullah SAW, juga sebagai bahan pembelajaran bagi para Da’i dan Pendidik dalam mengajarkan shalat sesuai sunnah Rasulullah SAW.

Alhamdulilahi Rabbil ’Alamin.

Jakarta, 4 Rabiu Tsani 1429 H/10 April 2008